PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YME DAN BERAKHLAK MULIA DI SMK NEGERI 1 DENDANG DENGAN MEMBACA SURAT AL KAHFI SECARA BERJAMAAH

Penerapan profil pelajar Pancasila dimensi Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Pasal I UU Sisdiknas tahun 2003 yang menyatakan bahwa di antara tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia. Sejalan dengan pengertian di atas, kemendiknas (2010: 8) menyatakan bahwa pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Wiguna, 2014 : hal 161 menyatakan karakter religius adalah karakter manusia indonesia yang selalu menyandarkan segala aspek kehidupannya kepada agama. Ia menjadikan agama sebagai penuntun dan panutan dalam setiap tutur kata, sikap, dan perbuatannya, taat menjalankan perintah Tuhannya dan menjauhi larangan-Nya.

 

Sekolah dalam mengimplementasikan elemen tersebut dituangkan dalam program yang berpihak pada peserta didik. Program tersebut adalah pembacaan Al Quran Surat Al Kahfi setiap dua pekan sekali. Kegiatan tersebut dimaksudkan agar membiasakan peserta didik untuk dekat dengan Al Quran melalui membaca. Mengingat sebagai muslim kita tentu mengetahui fadilah bagi yang membacanya. Selain itu, kegiatan ini syarat dengan banyak makna. Apalagi dilakukan dengan proses yang dilalui seperti didahului dengan gotong royong menyiapkan perlengkapan, duduk berbaris, hingga proses sesuai susunan acara yang sudah ditentukan. Hingga akhirnya kita berharap ikhtiar ibadah yang kita lakukan dikabulkan semua hajat yang membacanya dan pahalanya mengalir hingga akhir hayat.

 

Secara umum tujuan dilaksanakan program tersebut adalah pertama, agar peserta didik memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Kedua, peserta didik dapat menerapkan pembiasaan nilai Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia.

 

Tolak Ukur dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah peserta didik yang memiliki kemampuan untuk menjalankan nilai profil Pancasila beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia. Warga sekolah yang memiliki kepribadian bangsa Indonesia yaitu religius

 

Sebenarnya kegiatan ini sudah berjalan setahun semenjak kepemimpinan Bapak Mardiansyah, S.Kom. Namun demikian, perlu senantiasa dukungan dari berbagai pihak yang tidak mengikat baik itu aset sekolah secara internal, maupun eksternal. Hal itu dibutuhkan agar pendidikan karakter dapat berjalan secara maksimal sehingga seluruh aspek potensi anak secara holistik dapat berkembang dan lebih maju. 

 

Akhirnya kita berharap semoga pendidikan kita dapat bangkit dan semakin maju dengan berbagai program inovasi yang senantiasa dikembangkan oleh sekolah di Indonesia.